wrapkit

10 Tips untuk Mengakrabkan Anjing dan Kucing

Perang antara kucing dan anjing adalah topik yang populer mulai dari ilm Hollywood sampai ke gosip ibu-ibu kompleks. Banyak pendamping satwa menceritakan contoh kucing yang bersahabat dengan sahabat anjingnya, anjing yang mengejar kucing dari wilayah kekuasaannya, atau kedua spesies tersebut dengan hormat mengabaikan satu sama lain. Keduanya tidak harus secara otomatis "berkelahi seperti kucing dan anjing." Kemampuan mereka untuk bergaul dibentuk oleh pengalaman masing-masing dengan spesies lain yang terakumulasi sebelum mereka bertemu. Gaya komunikasi mereka juga berbeda yang dapat menyebabkan kebingungan: Seekor anjing mengibas-ngibaskan ekornya untuk menunjukkan kebahagiaan dan keinginan untuk bermain; seekor kucing mencambuk ekornya untuk menunjukkan ketidaksenangan atau kemarahan.

Daripada bingung, kamu dapat membantu mereka berbagi rumah dengan tetap menjaga kenyamanan dan insting terbaik dari masing-masing satwa dampingan. Berikut  10 tips yang AFJ kumpulkan dari berbagai sumber.

 

Tumbuh Bersama
Karena anak anjing dan anak kucing tidak memiliki pengalaman (buruk) kepada satu sama lain, mereka akan lebih cepat akrab daripada satwa dampingan yang lebih tua. Jadi masuk akal, jika kamu berpikir untuk memulai dari saat satwa tersebut kecil, untuk menjadikan mereka sebagai anak muda yang tumbuh bersama. Dengan begitu mereka akan membentuk ikatan yang lebih kuat. Namun, permainan anak anjing mungkin masih agak kasar untuk anak kucing yang rapuh yang akan selalu lebih kecil daripada teman anjingnya. Selalu awasi interaksi mereka, bahkan jika mereka ramah: Anak kucing mungkin menunjukkan tanda bahwa dia sudah selesai bermain tetapi anak anjing yang energik masih bisa bersemangat untuk terus mengajak bermain, dan aktivitasnya mungkin membingungkan si anak kucing. Ajari anak anjing untuk bermain dengan mengejar mainan, bukan teman kucingnya yang lebih kecil; ini akan memastikan dia tumbuh dengan menghormati, bukan mengejar, satwa yang lebih kecil.


 

Cari Jodoh yang Tepat

Seekor kucing yang punya rasa ingin tahu besar tetapi tidak takut pada anjing, dan seekor anjing yang setidaknya memiliki pengalaman berinteraksi dengan kucing adalah pasangan yang ideal. Apa pun satwa dampingan yang kamu adopsi, organisasi penyelamat atau tempat penampungan satwa dengan senang hati akan bekerja dengan kamu untuk membantu memilih kandidat terbaik, berdasarkan sejarah dan kepribadian satwa yang kamu pilih dan yang ada di rumah.
 

Kucing liar yang masih perlu disosialisasikan dan disesuaikan dengan kehidupan di dalam rumah bisa menjadi bahaya bagi anjing residen, karena ia terbiasa melihat anjing sebagai musuh, satwa yang harus diperangi daripada dijadikan teman. Dan beberapa jenis anjing, seperti anjing terrier, anjing pemburu dan anjing gembala, tidak boleh hidup bersama kucing. Naluri mereka, yang mendorong mereka untuk menangkap, mengguncang dan membunuh mangsa, akan membahayakan kucing yang mereka lihat sebagai sesuatu untuk dikejar.
 

Pelan Pelan Saja

Kucing bersifat teritorial dan tidak menyukai perubahan, jadi pertemuan yang diawasi dan bertahap dari satwa dampingan lain adalah metode terbaik untuk menjaga perdamaian. Kesabaran adalah suatu keharusan, karena fase pengenalan bisa memakan waktu mulai dari beberapa hari hingga beberapa minggu, atau lebih lama dalam beberapa kasus. Tetap berpegang pada tempo yang disukai satwa, dan jangan memaksa mereka untuk bersama. Bicaralah dengan nada lembut kepada kedua satwa, dan habiskan waktu dengan masing-masing di ruang mereka masing-masing, jangan abaikan satwa dampingan yang sudah lama untuk memberi perhatian pada yang baru. Membiarkan setiap satwa melihat yang lain dalam periode singkat di ruangan netral dan secara bertahap meningkatkan intensitas, akan meyakinkan mereka bahwa ada ruang untuk lebih dari satu satwa dampingan.

 

Beri Kesan Pertama Dalam Kondisi yang Aman

Tetap awasi anjing kamu saat pertemuan awal dengan kucing kamu, sehingga jika ia menjadi agresif, bahkan saat bermain, kamu dapat membatasi gerakannya dan dengan tenang tetapi tegas mendisiplinkannya. Jika dia terlatih, perintahkan dia untuk mengambil posisi "diam". Jauhkan kucing dari jangkauan gigitan anjing, dan berikan dia ruang melarikan diri dari perhatian anjing jika dia mau (tetapi tidak lari keliling rumah kamu loh) kamu juga dapat membuat satwa berkenalan dari balik gerbang atau teralis pada awalnya, tetapi jangan biarkan mereka menyentuh hidung atau terlalu dekat sampai masing-masing lebih terbiasa dengan yang lain. Beberapa pemilik satwa dampingan menempatkan kucing atau anjing kecil di dalam kandang atau carrier, dan membiarkan satwa dampingan lainnya mengendus dan melingkari satwa yang terkurung itu. Hal ini sangat tergantung pada kondisi peliharaan yang dikurung. Dia mungkin baik-baik saja dengan satwa asing jalan-jalan di luar kandang mereka, atau merasa terjebak ketika satwa dampingan lain terlalu agresif menyelidiki kedatangannya. Jadi, pahami satwa dampinganmu.
 

Menyediakan Tempat Bersembunyi yang Aman

Kucing itu, entah pendatang baru atau warga lokal, harus memiliki tempat perlindungan tersendiri selama setidaknya beberapa hari atau seminggu, kami sarankan berupa kamar dengan pintu atau di balik penghalang. Area ini harus dibatasi untuk anjing. Tempatkan kotak sampah, makanan dan air, tempat menggaruk, mainan dan tempat tidur di ruangan ini. Kucing kamu akan merasa lebih aman karena mengetahui bahwa ia dapat menjauh dari pengalaman yang baru dan asing untuk mengenal seekor anjing. Jangan biarkan anjing kamu berlama-lama tepat di luar ruangan tersebut, karena kehadirannya akan membuat kucing stres dan menghilangkan kegunaan adanya ruang terpisah.


Campur Aroma dengan Penglihatan

satwa saling mengenal satu sama lain melalui aroma, bukan pertemuan tatap muka. Bahkan sebelum mereka bertemu satu sama lain, kamu dapat membantu kedua satwa dampingan menjadi akrab dengan aroma masing-masing. Gosok dengan lembut T-shirt, kaos kaki, handuk atau lap kepada anjing, dan letakkan di dekat piring makanan atau tempat tidur kucing. Setelah beberapa hari, gosok barang dengan aroma anjing tersebut di atas kucing, campur aroma mereka. Lakukan  juga prosedur ini untuk anjing kamu. Dengan memberikan akses kepada aroma masing-masing, kamu akan membuat pertemuan awal mereka tidak terlalu menegangkan, karena setiap satwa dampingan akan tahu bahwa makhluk lain ini bukanlah makhluk asing.

 

Tolong Beri Poopy Privasi

Kotak kotoran kucing kamu harus selalu berada di tempat di mana anjing tidak bisa mencapainya. Invasi anjing kepada kotak kotorannya akan membuat kucing stres. Jika anjing mengganggu kucing saat ia melakukan hajatnya, ia dapat mengacuhkan kotak kotorannya dan berhajat di tempat lain di rumah kamu, di mana ia merasa kurang terancam.
 

Anjing memiliki kebiasaan menjijikkan, yaitu mengemil isi kotak kotoran kucing yang menurut mereka sangat lezat (alasan yang sangat baik untuk tidak mencium anjing kamu atau membiarkannya menjilat wajah kamu). Solusi paling sederhana untuk menghentikan ini adalah dengan menempatkan kotak pasir di tempat dimana kucing dapat mengaksesnya tetapi anjing tidak bisa, seperti di dalam ruang yang terlalu kecil untuk dimasuki anjing. Atau pertimbangkan kotak pasir tertutup yang memberi privasi kucing tetapi mencegah anjing masuk. Karena kucing bisa bernavigasi dalam kegelapan sementara anjing tidak bisa, menempatkan kotak pasir di ruang yang gelap juga bisa berfungsi.

 

Jaga Agar Kuku Kucing Tetap Rapi

Jika kucing merasa terancam atau stres, ia dapat bereaksi dan melukai anjing dengan senjata utamanya: cakar andalan. Oleh karena itu, cakar-cakar itu harus dipangkas untuk memastikan bahwa sapuan kaki yang kasual - sebuah gerakan naluriah yang tidak berbahaya jika cakarnya disarungkan - tidak akan menjadi bencana bagi anjing kamu, terutama selama pertemuan awal mereka.
 

Mencabut kuku kucing (declawing) bukanlah ide yang bijaksana. Dia akan merasa dan menjadi tidak berdaya di sekitar seekor anjing, belum lagi ini adalah prosedur yang sangat menyakitkan dan tidak memiliki efek positif terhadap si kucing. Jika kamu merasa bahkan cakar yang dipangkas belum cukup aman, pertimbangkan penutup kuku, yang melapisi cakar kucing dengan ujung yang tumpul, tetapi pertahankan cakar tersebut tetap utuh. Penutup vinil ini, biasanya dilekatkan dengan perekat tidak beracun, bertahan sekitar empat hingga enam minggu, sementara cakar kucing tumbuh, dan tidak mengganggu ekstensi dan pencabutan cakarnya yang biasa.

 

Menyediakan Tempat Makan yang Terpisah

Setiap satwa dampingan harus dapat makan tanpa terganggu oleh yang lain, jadi siapkan tempat pemberian makan sendiri. kamu mungkin ingin menyajikan makanan kucing di permukaan yang tinggi seperti meja atau jendela untuk mencegah anjing melahap makanannya serta miliknya. Selain mengizinkan masing-masing satwa dampingan makan dengan tenang, "meja terpisah" memastikan bahwa masing-masing akan memakan makanannya sendiri. Makanan kucing dan anjing tidak dapat ditukar secara nutrisi. Sementara sebagian besar kucing tidak tertarik pada dog food, anjing membutuhkan kandungan protein dan lemak yang lebih tinggi dari apa yang bisa didapatkan dari makanan kucing (walaupun sangat menggugah selera). Konsumsi makanan kucing secara teratur dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi dan penambahan berat badan untuk anjing.

 

Berharaplah Untuk Sahabat Karib, Tapi Puaslah Dengan Teman Bermain

kamu mungkin menginginkan hubungan anjing dan kucing seperti di film-film, menjadi sahabat yang tidak dapat dipisahkan. Tetapi pengabdian anjing dan keramahan kucing tidak dapat dipaksa- dan satwa tidak akan memalsukan kasih sayang. Masing-masing membawa kebiasaannya sendiri, ke dalam hubungan. Tetapi dengan memastikan bahwa anjing kamu terlatih dalam kepatuhan, dan memberi kucing tempat beristirahat tinggi, kamu dapat menciptakan suasana di mana persahabatan dapat tumbuh. Keduanya akhirnya dapat menerima satu sama lain, dengan interaksi minimal tetapi tidak ada permusuhan, atau mereka dapat menumbuhkan rasa sayang sejati antara satu sama lain. Jika mereka berdua sudah melingkar bersama di kasur kamu, saling menjilat atau bermain akrab bersama, bersiaplah! Karena  mereka sedang berkomplot untuk menguasai rumah dan hati mu.


Dilansir dari: http://www.animalplanet.com/pets/10-tips-for-bringing-cats-and-dogs-together/

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia