WSAD 2014 – Hari Satwa Terlantar Sedunia 2014

Hi teman – teman sobat satwa,
Hari ini AFJ merayakan WSAD (World Stray Animals Day) – Hari Satwa Terlantar Sedunia dengan mengadakan program bertema “Pahlawan Satwa Terlantar AFJ 2014″
Program ini berupa Penggalangan Dana dan Lomba.

Apakah Anda peduli satwa jalanan?  Apakah Anda punya satwa yang diselamatkan dari jalan?  
Apakah Anda merasa kasihan pada kucing kucing atau anjing terlantar yang tinggal sekitar Anda ?
Apakah Anda sering memberi makanan / minuman atau merawat mereka?
Jika ‘YA’ adalah jawaban dari salah satu pertanyaan di atas, maka kamu harus ikut lomba atau mendukung penggalangan dana untuk Bu Istiyatun, the Cats Hero from Magelang

Bahasa

Program I: Penggalangan Dana / Fundraising untuk Mendukung Program Steril/Perawatan Kucing Terlantar Magelang
(baca kisah Bu Istiyatun di sini )
Pada tanggal 2 April 2014, relawan tim steril dan adopsi AFJ dari Yogyakarta dan Magelang mengunjungi Bu Istiyatun di Magelang untuk melihat perkembangannya sejak AFJ mulai mendukung kegiatan Bu Isti.  Saat ini Bu Isti menyewa sebuah ruangan di daerah Karet untuk merawat kucing pra dan pasca operasi steril dan juga merawat beberapa kucing terlantar yang sakit, hamil atau menyusui anak anak.

Sayangnya, tempat sewa tersebut sangat tidak memadai.  Awalnya tempat dipilih karena di kelilingi pohon dan ladang penuh semak – semak yang cocok untuk tempat main kucing liar dan tinggal, namun beberapa waktu lalu ladang tersebut diratakan dan disiapkan untuk membangun perumahan. Tempat yang semula layak tersebut, saat ini tidak layak lagi dipakai dan akan menjadi tempat yang berbahaya bagi buat kucing – kucing tersebut ketika proyek bangunan dimulai (segera).  Selain itu, ruangan kucing terlantar ini sangat (maaf) seadanya, baik fasilitas, penerangan, dan kondisi sirkulasi udara.  Ruang yang sempit dan stock kandang yang kurang juga menjadi kendala saat ini. Ruangan tersebut aslinya hanyalah sebuah beranda yang tempat parkir sepeda motor. Bisa dibayangkan kondisi / keadaan tersebut ?

*foto ruangan diupdate menyusul ya, masih dibawa oleh salah seorang relawan AFJ.
AFJ dibantu seorang relawan sekaligus donatur dari Magelang sedang membantu untuk mencari tempat yang lebih layak dan menambah fasilitas dan kandang untuk kucing supaya mereka bisa hidup lebih nyaman, sehingga Bu Isti bisa lebih mudah merawat mereka dan lebih banyak kucing liar lagi yang dapat dibantu. Bu Isti membantu kucing – kucing tersebut atas dasar panggilan hati, walaupun Bu Isti mendapat penghasilan hanya dari berjualan es batu, namun itu tidak mengurungkan Bu Isti untuk berbagi rejeki kepada kucing – kucing liar di daerahnya. Bu Isti tidak mau kucing – kucing tersebut ditangkap, diracun, atau dikonsumsi oleh orang – orang di suatu kawasan di Magelang yang konon suka untuk mengkonsumsi daging kucing.
Jika kamu peduli dan ingin ikut membantu Bu Isty, kamu bisa ikutan program ini. Hasil dari penggalangan dana ini akan membantu perjuangan Ibu Isti  untuk menyelamatkan lebih banyak lagi nyawa kucing liar di Magelang.
Bagaimana caranya ? Well, kamu bisa mendukung dengan berbagai cara loh ~
Donasi berupa barang langsung, seperti: peralatan perawatan kucing – tempat tidur, makanan, permainan, kandang besar, perlengkapan, obat – obatan, perawatan pra/pasca steril, dll.
Selain itu, Anda dapat donasi berupa uang dengan berbagai pilihan nominal, sesuaikan dengan keikhlasan dan kemampuan Anda:
  • Rp 20.000
    Setara dengan biaya perawatan pra dan pasca steril untuk satu kucing jantan dan betina
  • Rp 50.000
    Setara dengan biaya makanan satu induk yang menyusui selama satu minggu
  • Rp 100.000
    Setara dengan biaya makanan satu induk yang menyusui selama dua minggu
  • Rp 150.000
    Setara dengan biaya operasi steril untuk satu kucing jantan
  • Rp 200.000
    Setara dengan biaya operasi steril untuk satu kucing betina
  • Rp 250.000
    Setara dengan harga kandang kucing untuk keperluan pra dan pasca steril
  • Rp 300.000
    Setara dengan biaya sewa tempat pra dan pasca steril selama satu bulan
  • Rp 500.000
    Setara dengan biaya sterilisasi 3 kucing dan perawatan pasca operasi
  • Rp 2.500.000 
    Setara dengan biaya sewa tempat hidup kucing selama satu tahun
  • Rp 5.000.000
    Turut membiayai material bangunan untuk membangun cat house sederhana untuk mereka yang menunggu diadopsi supaya tidak terlalu lama di dalam kandang.
    (silahkan kontak AFJ untuk melihat sample cat house yang akan dibangun – jika dana mencukupi).
Sumbanganmu juga jasa bagi mereka, AFJ mengapresiasi tindakan kamu yang mengikuti program ini. Berikut adalah timbal balik AFJ untuk donatur:
  • Donasi minimal Rp 20.000 untuk program fundraising Bu Isti – Si Pahlawan Kucing Magelang – akan mendapatkan kartu ucapan terima kasih dan sticker.
  • Donasi lebih dari Rp 200.000  – akan mendapatkan sticker dan slayer menarik dari AFJ.
  • Donasi diatas Rp 500.000 – akan mendapatkan kaos, slayer dan stiker dari AFJ.
  • Donasi sewa tempat – maka plakat dengan nama donor atau perusahan/organisasi/nama lain akan dipasang ditempat selama donasi cover sewa tempat.
  • Donasi pembangunan cat house – plakat dengan nama donor/perusahan/organisasi/nama lain akan dipasang ditempat (desain, bentuk dan bahan ditentukan oleh AFJ).
Jika kamu ingin mengikuti program ini, silahkan kunjungi halaman ini untuk informasi donasi, dan konfirmasikan donasi kamu via email ke animalfriendsjogja@gmail.com / donation@animalfriendsjogja.org dengan subjek: Donasi Istiyatun Cat Hero Magelang.

Program II: Lomba Pahlawan Satwa Terlantar 2014 / Stray Hero Competition 2014
Selain penggalangan dana, AFJ juga sedang mencari para Pahlawan Satwa AFJ 2014 lewat lomba kisah dan foto menarik mengenai satwa telantar yang diselamatkan/dirawatkan.
(Silahkan lihat contoh di album Lomba Photo Story Contest tahun 2012 di sini )
Kirim foto dan cerita singkatmu (30 – 250 kata maksimal) ke AFJ mengenai penyelamatan/perawatan satwa terlantar yang pernah kamu lakukan. Kamu bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk makin peduli mengenai satwa terlantar.
Cerita kamu akan dipublish di blog AFJ, fb dan twitter AFJ. Peserta dengan foto / cerita yang paling menyentuh hati masyarakat serta tim juri AFJ akan mendapatkan paket merchandise menarik serta dan satu voucher steril untuk salah satu satwa yang Anda selamatkan (hanya untuk peserta yang tinggal diwilayah DIY dan kota Magelang).
Kontes foto dan cerita ini terbuka untuk seluruh kontestan dari seluruh wilayah di Indonesia !!
Jika kamu menang kontes dan kebetulan teman kaki empat kamu sudah disteril atau tinggal diluar area Jogja/Magelang, AFJ maka voucher steril akan digunakan untuk sterilisasi satu kucing liar, jadi kamu akan turut berperan dalam menyelamatkan nyawa kucing liar lain.  Keren kan?
Tunggu apa lagi ? Inilah kesempatan kamu untuk membantu AFJ dengan menginspirasi masyarakat bahwa siapapun bisa sayang, peduli dan bertindak untuk menyelamatkan dan mengurangi jumlah satwa terlantar di sekitar mereka.
Silahkan kirim kisah dan foto mengenai Satwa yang anda selamatkan ke inbox fb Animal Friends Jogja [AFJ] atau kirim ke email animalfriendsjogja@gmail.com dengan subyek : Lomba Stray Animal Heroes

Peraturan Lomba:
  1. Peserta adalah warga yang tinggal di Indonesia dimanapun dan dari latar belakang manapun, namun hadiah voucher steril gratis hanya tersedia untuk penduduk wilayah DIY dan daerah sekitarnya yang dilayani steril bersubsidi AFJ.
  2. Peserta termasuk :
    a. orang yang merawat kucing dan/atau anjing yang diselamatkan dari jalan atau
    b. orang yang dapat satwa dari orang yang akan buang, makan, atau menjual satwa ke penjagalan atau
    c. orang yang suka memberi makanan/perawatan/sterilisasi satwa yang hidup di jalan.
  3. Foto satwa tidak diterima jika satwa sedang didalam kandang/dirantai kecuali untuk gambar yang diambil sebelum satwa diselamatkan untuk melihatkan keadaan satwa before dan after rescue. ( AFJ tidak setuju dengan satwa dikandangi atau dirantai terus menerus)
  4. Semua peserta menyatakan bahwa satwa yang diselamatkan akan dirawat selamanya dan tidak akan dibuang, dijual atau dihibahkan di masa yang akan datang.
  5. Waktu untuk kirim kisah dan foto atau gambar satwa yang diselamatkan mulai 4 April 2014 sampai dengan 30 April 2014
  6. Pemenang akan di publish pada tanggal 5 Mei 2014 dan hadiah akan dikirim paling lambat 15 Mei 2014.
  7. Semua peserta memberi izin kepada AFJ untuk publish cerita mereka di web/fb/twitter/newsletter AFJ untuk kepentingan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kepedulian satwa terlantar dan kontrol populasi yang manusiawi.
  8. Pemenang dari lomba ini akan diberi voucher steril untuk steril satu kucing atau anjing dan merchandise menarik dari AFJ.
  9. Pilihan pemenang akan ditentukan oleh tim AFJ sesuai visi dan misi AFJ dan tidak dapat diganti atau dipertanyakan sesudah ditentukan.
  10. Hadiah tidak dapat ditukar dengan uang.

Segera ikutan program ini ya. Dan bantuan sekecil apapun akan diterima dengan baik, termasuk like, share, dan teruskan program ini kepada teman – teman Anda di seluruh Indonesia :)

Comments

comments

Comments are closed.