Sterilisasi ‘Spay and Neuter’ ala Animal Friends Jogja

Steril bulan Juli 12 Debug

Dua kali sebulan AFJ mengadakan program sterilisasi bersubsidi untuk kucing yang punya keluarga dan sterilisasi gratis bagi kucing-kucing jalanan di Yogyakarta.   Dengan peningkatan kesadaran Masyarakat mengenai kepentingan steril, semakin banyak orang memilih untuk bertanggung jawab atas kucing dan anjing mereka dan membawa satwa yang mereka melihara ke Animal Friends Jogja untuk disterilkan supaya tidak bisa berkembang biak.  Disisi lain, ada kucing yang tidak punya keluarga dan terpaksa hidup di jalan yaitu kucing liar atau jalanan yang disebutkan Stray Cats dalam Bahasa Inggris.

kapuk pulang kampung

Kucing yang dipilih untuk disteril oleh AFJ berasal dari laporan warga atau merupakan kucing yang AFJ rescue atau dari keluarga-keluarga yang hidup dengan kucing dirumah atau sekitarnya namun orang tersebut bukanlah golongan berada, tetapi sayang kucing atau sebenarnya memberi atap berlindung bagi mereka untuk difungsikan sebagai pemburu tikus semata.

 

Proses program steril mulai dari mengadakan survey dan pendekatan terhadap penduduk ditempat dimana populasi kucing meningkat terus, dan seperti kebanyakan orang yang belum mengerti solusi yang tepat, penduduk disana biasanya membuang kucing-kucing yang tidak ‘dikaryakan’ ke pasar atau ke tempat lain.

dumped in the bin at lempuyangan market 090312_000

Tim AFJ baru berhasil mensteril sekitar 10 ekor kucing liar per bulan dikarenakan keterbatasan dana dan tenaga. Kucing-kucing ditangkap dengan cara pendekatan yang manusiawi seperti menggoda dengan makanan atau kasih sayang.  AFJ baru memiliki satu trap kandang.  (Untuk meningkatkan jumlah kucing liar yang disteril, AFJ perlu tambah sedikitnya 4 kandang trap lagi.  Jika Anda tertarik program ini dan ingin bantu donasi supaya AFJ bisa memesan kandang trap lagi, silahkan kontak Yani/Nana di nomor dibawah ini.)

Setelah ditangkap, kucing yang mau disteril dijemput relawan AFJ atau diantar oleh warga dan dibawa ke base camp untuk diperiksa pra-bedah dan menunggu proses sterilisasi oleh doctor hewan yang membantu AFJ.

Steril2

Bedah steril hanya perlu waktu beberapa menit untuk jantan dan sekitar 30 menit untuk betina.

Steril 1

Perawatan pasca operasi dilakukan oleh tim AFJ, setelah kucing-kucing itu sehat kembali, dikembalikan lagi ke rumah masing-masing.  Solusi terbaik sebenarnya adalah untuk mencari rumah dan keluarga buat mereka, dan memang kalau kucing yang diambil dari jalan akan dalam situasi yang berbahaya atau tidak bisa mendukung kehidupan yang layak, AFJ terpaksa mencari relawan yang bisa menampung kucing sementara sambil menunggu keluarga yang mau adopsi kucingnya. Namun situasi nyata sudah membuktikan bahwa dari puluhan kucing yang masuk AFJ setiap bulan, hanya sebagian kecil mendapat keluarga baru yang mau adopsikan mereka, kebanyakan tetap dirawat AFJ.

dumped kittens 270312_000

Banyak kucing-kucing dibuang ke jalan, sawah, pasar, tempat sampah dan tempat lain oleh penduduk yang tidak mau tahu akan pentingnya sterilisasi sebagai solusi yang paling tepat untuk mencegah overpopulasi. Membuang kucing yang terlanjur terlahir tetapi tidak anda inginkan adalah tindakan yang egois dan kejam karena tidak mempedulikan nasib kucing-kucing yang dibuang. Mereka hanya akan menjadi gelandangan tak berumah, beresiko mati tertabrak atau dianiaya dan dibunuh oleh orang-orang tak bertanggungjawab.

 

Manusialah yang awalnya membawa mereka ke habitat kita, membawa mereka menjadi bagian dari lingkungan tempat tinggal kita. Ketika mereka berkembang biak dengan pesat, di tengah makin sempitnya ruang gerak dan ruang untuk mencari makan, kita tak boleh lari dari konsekuensi untuk mengendalikan populasi mereka dengan cara yang tepat. Dengan kontrol populasi yang kontinyu, jumlah kucing-kucing yang terancam hidup di jalan dan ditelantarkan bisa ditekan, bahkan ditiadakan. Sudah selayaknya kita menyadari bahwa masalah overpopulasi adalah tanggungjawab kita bersama.

 

Dan satu cara yang humane/manusiawi dan tepat adalah: sterilisasi.

Jika Anda ingin ikut program steril bersubsidi untuk kucing atau anjing Anda, silahkan kontak Nana/Yani di 0274 516444 atau daftar online di www.animalfriendsjogja.org

Comments

comments

Comments are closed.